Salah satu permasalahan dalam proyek konstruksi adalah pelaporan dan pengawasan proses pelaksanaan pekerjaan.
Pengawasan dilakukan oleh konsultan dan dinas untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan yang dijadwalkan. Media pengawasan yang digunakan selama ini adalah dengan dokumen laporan yang diberikan secara berkala oleh kontraktor atau dengan terjun langsung ke lapangan / lokasi proyek. Akan menjadi masalah jika kontraktor tidak tertib dalam mengirimkan dokumen laporan, sedangkan untuk kunjungan langsung ke lokasi akan memakan waktu.
Dari sisi kontraktor, membuat dokumen laporan progres adalah tambahan beban dan biaya. Namun karena menjadi prasyarat penyelesaian pekerjaan, maka sering kali dokumen diproses diakhir kegiatan (sekedar memenuhi kewajiban menyediakan laporan). Akhirnya kebutuhan untuk pengawasan tidak terpenuhi.
SIJAKON merupakan sistem manajemen proyek yang mempermudah proses pelaporan progres pelaksanaan proyek bagi kontraktor dan juga memastikan tersedianya data untuk kebutuhan pengawasan bagi konsultan dan dinas.
Fitur yang disediakan antara lain :
- Master data proyek
- Jadwal pelaksanaan pekerjaan
- RAB Proyek
- Realisasi Pelaksanaan
- Pelaporan proyek